• APVI

International Conference on Victimology & Pelatihan Viktimologi Indonesia

Updated: Jan 4

Tonggak Awal berdirinya Asosiasi Pengajar Viktimologi Indonesia


International Conference On Victimology And Victims Assistance In Indonesia (ICVVAI) dan Pelatihan Viktimologi Indonesia (PVI) dilaksanakan atas kerjasama Universitas jenderal Soedirman (Unsoed) dan World Society of Victimology (WSV) ini diikuti oleh lebih dari 50 peserta yakni, para dosen viktimologi di seluruh Indonesia yang bertujuan meningkatkan pemahaman dan pengetahuan para akademisi tentang viktimologi dan perlindungan hak-hak korban serta perkembangannya di dunia internasional.


Rektor Unsoed yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan Kerjasama dan Humas, Drs.Sigit Wibowo DN, MM dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya acara ini. Disampaikannya bahwa Pelatihan Viktimologi ini sangat relevan terutama dengan kondisi Indonesia. “Viktimologi sebagai ilmu tentang korban saya kira sangat relevan,” jelasnya.


Dalam kegiatan PVI juga dilaksanakan musyawarah antar pengajar viktimologi seluruh Indonesia yang hasilnya menyepakati perlu dibuatnya sebuah wadah bagi pengajar viktimologi untuk lebih mengembangan bidang keilmuan Viktimologi sehingga di dirikanlah APVI atau Asosiasi Pengajar Viktimologi Indonesia.


Dalam acara ICVVAI menghadirkan President of World Society of Victimology (WSV), Prof.Marc Groenhuijsen sebagai keynote speaker, diharapkan tindak lanjut pelatihan ini akan memberikan pemahaman para dosen tentang implementasi peranan viktimologi dalam membela korban.


Selain President of World Society of Victimology (WSV), beberapa narasumber lainnya yang hadir dan membagikan ilmu berharga di antaranya, , Michael J.O’Connell selaku Secretary General of WSV and Commisionerof Victim’s Right of South Australia (Adelaide, Australia), Prof.Gerd Kirchhoff (Germany), Prof.Jaco Barkhuizen (South Africa), Kumaravelu Chockalingam, Ph.D (India), Abdul Haris Semendawai, S.H., LLM (Ketua LPSK), Dr.Fachri Bey, S.H., M.H., (Universitas Indonesia), Heru Susetyo, S.H., LL.M., M.Si., Ph.D., (Universitas Indonesia), Prof.Dr.M.Arief Amrullah, S.H., M.Hum., Dr.Angkasa, S.H., M.Hum., (Universitas Jenderal Soedirman), Dr. Elfina Lebrine Sahetapy S.H., LL.M., Dr.Noor Rochaeti, SH., M.Hum., Prof.Iswanto., S.H. Pelatihan viktimologi Indonesia ini diharapkan dapat menjadi wadah silaturrahmi para akademisi. Salah satu yang dibahas setelah pelatihan ini adalah pembentukan asosiasi pengajar viktimologi.

Asosiasi Pengajar Viktimologi Indonesia

Sekretariat Nasional: 

Gedung Fakultas Hukum Unsoed

Jl. Profesor DR. HR Boenyamin No.708, 

Purwokerto Utara, Jawa Tengah 53122

Emailviktimologi.apvi@gmail.com

Tlp : +822-4192-9894

Tetap terhubung

© 2020 Asosiasi Pengajar Viktimologi Indonesia |  Syarat & Ketentuan